Forum Anak Kabupaten Bekasi Gelar Trauma Healing

KBS, KAB.BEKASI – Forum Anak Kabupaten Bekasi, mengadakan kegiatan Trauma Healing yang diikuti 30 anak korban banjir di Desa Karangpatri Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, pada Sabtu (27/02/21) pagi.

Di lokasi tersebut, anak-anak mendapat hiburan seperti bermain, bernyanyi dan mendengarkan cerita lucu yang mengundang canda tawa anak-anak sehingga mereka bisa melupakan duka akibat banjir yang melanda desanya.

“Trauma healing ini sengaja dilakukan untuk mengembalikan psikologi bagi anak-anak pasca bencana banjir sehingga bisa mengembalikan semangat dan mental anak-anak,” kata dr Adi Pranaya, Pendamping Forum Anak Daerah Divisi Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Adi Pranaya mengatakan, trauma akibat bencana banjir bisa membuat anak-anak kehilangan semangat yang berdampak pada pertumbuhan anak.

“Jadi diharapkan dengan trauma healing ini anak-anak korban banjir bisa melupakan bencana yang telah menerjang desa mereka,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Sukadami Cikarang Selatan ini.

Hal yang istimewa dalam aksi Forum Anak tersebut, para orang tua yang mengantarkan anak-anaknya mengikuti ke trauma healing, diberikan siraman rohani oleh KH. Abdulah Mansyur Ketua Yayasan Pendidikan Islam Dar El- Shofwah.

“Dengan adanya tausyiah ini diharapkan para orang tua akan lebih semangat kembali dalam menjalankan kehidupan, begitu pun dengan anak anaknya,” ungkapnya.

Selain memberikan trauma healing, pada kegiatan tersebut, 8 Forum Anak Kecamatan yaitu Cikarang Selatan, Tambun Selatan, Cibarusah, Sukatani, Tambun Utara, Cikarang Utara, Cibitung, dan Serang Baru memberikan paket makanan sehat untuk anak-anak.

Melengkapi kegiatan tersebut, Pramuka Saka Bakti Husada Cabang Cikarang Selatan dan Cibarusah memberikan paket sembako bagi masyarakat Desa Karangpatri yang wilayahnya baru surut dari banjir tiga hari lalu

Kegiatan yang melibatkan Forum Anak tersebut didukung oleh Pramuka Saka Bakti Husada Cikarang Selatan-Cibarusah, Escort Wilayah Selatan, PT. EJIP Perusahaan Sahabat Anak serta Puskesmas Sukadami Cikarang Selatan. (ADV/HMS)

Komentar