Jokowi Akan Hadir di HPN 2023 Sumut Gunakan Baju Khas Sumut

Nasional1191 Dilihat

JAKARTA – Acara Hari Pers Nasional (HPN) Februari 2023 di Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berbagai hal sudah dipersiapkan, salah satunya menentukan corak pakaian yang akan dikenakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang akan hadir dalan peringatan HPN.

 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengatakan, pihaknya mengumpulkan pelaku UMKM, pengrajin kain tenun dan songket dari berbagai suku yang ada di Sumut, seperti songket Batubara (Melayu), Karo, Toba, Mandailing, Pakpak, Angkola dan Simalungun.

 

“Kita kumpulkan para pengrajin kain tenun dan songket ini untuk persiapan Hari Pers Nasional yang akan dijadikan pakaian khas. Baik untuk laki-laki dan perempuan,”kata Nawal Lubis, Jumat (20/1/2023).

 

Kain tenun/songket motif Sumut akan digunakan Presiden Joko Widodo pada pembukaan HPN kata Nawal, tenun disesuaikan dengan ciri khas Sumut yang terdiri dari berbagai suku budaya dan produk kerajinan. Dengan tujuan, HPN di Sumut memiliki warna tersendiri saat dihadiri oleh insan pers dari seluruh nusantara.

 

“Pak Presiden juga akan menggunakan kain motif dari Sumatera Utara,”ungkap Nawal, istri Gubernur Sumatera Utara. (red)