Kasus Aktif Covid-19 di Kabupaten Bekasi Terus Alami Tren Penurunan

Terkini4749 Dilihat

CIKARANG PUSAT – Kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi terus menunjukan perkembangan kearah yang positif. Hal tersebut dilihat dengan semakin menurunnya jumlah kasus positif aktif dimana berdasarkan data yang dilansir pikokabsi.go.id per tanggal 27/6 jumlah kasus Aktif sebanyak 11 Orang.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam rilis laporan mingguan tentang perkembangan Covid-19 di Jawa Barat melalui laman media Sosial Humas Jabar pada Jumat (26/6) malam menyatakan bahwa Kabupaten Bekasi kini sudah tidak lagi berada pada posisi 5 Besar Kabupaten/Kota dengan Kasus Aktif Tertinggi di Jawa Barat.
Kang Emil, sapaan akrabnya menyampaikan, terdapat 10 Kabupaten/Kota yang berada di Zona Kuning dan Kabupaten Bekasi menjadi salah satu diantaranya.
Lebih lanjut, dirinya menuturkan, angka kesembuhan di wilayah Jawa Barat sudah 7 kali lipat dari angka kematian. Dengan total 1287 orang terkonfirmasi positif dapat sembuh, dan 171 orang yang tercatat meninggal dunia.
Berdasarkan data pikokabsi.bekasikab.go.id pada Sabtu (27/6) pagi, tercatat 16 Kecamatan di Kabupaten Bekasi telah bebas atau nihil dari kasus positif Covid-19. 16 Kecamatan tersebut antara lain, Cabangbungin, Cikarang Barat, Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Timur dan Cikarang Utara. Lalu, Kedungwaringin, Pebayuran, Serang Baru, Sukakarya, Sukatani, Sukawangi, Tarumajaya, Muaragembong, Bojongmangu serta Tambelang.
Dengan jumlah pasien dalam perawatan (PDP) ada 68 orang, orang dalam pemantauan (ODP) tersisa 61 orang, orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 111 dan 20 kasus meninggal dunia.
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, tersisa 7 Kecamatan yang masih memiliki kasus positif di Kabupaten Bekasi. Yakni, Babelan, Cibarusah, Cibitung, Karangbahagia, Setu, Tambun Selatan dan Tambun Utara.
“Saat ini masih ada 8 Kecamatan yang memiliki kasus positif Covid-19. Untuk di Tambun Selatan, jumlah kasus terkonfirmasi positif tersisa 3 orang. Dengan jumlah positif aktif di Kabupaten Bekasi tersisa 11 orang, dengan rincian 4 dirawat di rumah sakit dan 7 isolasi mandiri. Tentu kita berharap angka ini terus menurun,” jelasnya.
Diakhir, meskipun jumlah kasus di Kabupaten Bekasi cenderung menurun dirinya meminta agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Dengan penuh rasa tanggung jawab dan kedisiplinan, diharapkan masyarakat mampu bersiap menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.(adv)