Pemkab Bekasi Teken Kesepakatan Bersama Revitalisasi Pasar Induk Cibitung

Terkini5076 Dilihat

Cikarang Pusat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Revitalisasi dan Pengelolaan Pasar Induk Cibitung dengan PT. Citra Prasasti Konsorindo. Bertempat di Ruang Rapat Bupati Bekasi Deltamas-Cikarang Pusat, pada Rabu (24/6).

Dalam kegiatan expose percepatan revitalisasi dan pengelolaan pasar induk cibitung tersebut, dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama yang turut dihadiri oleh Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, dan didampingi oleh Sekretaris Daerah Uju, serta unsur pimpinan Perangkat Daerah terkait.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menyampaikan bahwa proses kesepakatan bersama ini telah dilakukan pembahasan pada tanggal 16 Juni 2020 oleh Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) Kabupaten Bekasi.

Menurut Bupati, revitalisasi pasar dilakukan agar menjadikan pasar induk cibitung lebih baik dari sebelumnya, pasalnya selain terlihat kumuh, kondisi kontur tanah pasar tersebut juga sangat rendah, sehingga sering dilanda banjir.

“Mudah-mudahan dengan revitalisasi ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan. Kita ingin pasar induk Cibitung menjadi icon pasar grosir sayur mayur dan menjadi kebanggaan Kabupaten Bekasi. Dan dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat Kabupaten Belasi,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Abdul Rofiq mengatakan maksud dan tujuan dilakukan revitalisasi dalam bentuk kerjasama bangun guna serah (BGS) serta agar pasar cibitung menjadi icon pasar induk sayur mayur dan buah, sesuai standar SNI dan pengelolalannya lebih profesional agar supaya PAD nya lebih maksimal.

Lebih lanjut, Abdul Rofiq mengatakan adanya kesepakatan kerjasama ini karena adanya surat permohonan revitalisasi dari para pedagang dan rukun warga (RWP) pasar induk cibiting pada tanggal 24 November 2015

“Saya berharap revitalisasi pasar induk cibitung menjadi sebuah pasar induk dan grosir sayur mayur dan buah-buahan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi yang bersih dan presentatif,” singkatnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang PT. Citra Prasasti Konsorindo Mochammad Faisol menambahkan dalam revitalisasi rencananya akan dibangun untuk bangunan bertingkat/ruko.

Dirinya juga mengatakan, pembangunan revitalisasi pasar induk cibitung ini ditargetkan akan selesai dalam jangka waktu 18 Bulan dengan menghabiskan biaya sebesar 190 Milyar rupiah.

“Jadi nanti dilantai atas kita buat parkir motor disisi kiri, sementara sisi kanan nanti akan dibuat food court, mengingat pedagang makanan sangat berserakan sekali. Jadi supaya lebih tertata akan disiapkan food court dilantai 2,” ucapnya. (Adv/hms)