Ragam Inovasi Pendidikan dan Kesehatan Ramaikan Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi 2019

Terkini4418 Dilihat

CIKARANG TIMUR – Sebagai wujud pelaksanaan rangkaian kegiatan Laboratorium Inovasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi, yang bekerjasama dengan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia mengadakan kegiatan Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi Tahun 2019 bertempat di Gedung Graha Pariwisata, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur Selasa (10/12).

Juhandi yang mewakili Bupati Bekasi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, yang telah bersedia memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi, untuk dijadikan salah satu daerah yang mendapatkan pendampingan, bimbingan, dan arahan dalam hal pengembangan inovasi melalui laboratorium inovasi di Kabupaten Bekasi.

Juhandi mengatakan, menurut laporan yang diterima oleh Balitbang Kabupaten Bekasi, sampai saat ini sudah terdapat 113 rencana aksi inovasi baru, dari 55 Perangkat Daerah yang add di Kabupaten Bekasi.

“Hal ini merupakan hal yang baik, karena 85% Pemerintah Daerah sudah merespon positif untuk meningkatkan daya saing melalui inovasi Daerah. Saya harap 15% sisanya dari Pemerintah Daerah yang belum sama sekali berkontribusi, tahun depan dapat meningkatkan kepeduliannya.” Jelasnya.

Dengan mengambil tema “Inovasi Bidang Pendidikan dan Kesehatan” , Juhandi memberikan apresiasinya kepada para inovator-inovator yang ada di bidang Pendidikan dan Kesehatan. Karena menurutnya, hal ini dapat memberikan kontribusi tinggi terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bekasi.

“Dibidang Pendidikan, inovasi yang dilakukan oleh para pelajar nantinya dapat meningkatkan daya saing diri mereka dimasa depan. Tentunya agar SDM yang ada di Kabupaten Bekasi tidak kalah kualitasnya dengan Daerah-Daerah lain.” Kata Juhandi.

Tidak hanya dibidang pendidikan, Juhandi juga berharap inovasi yang sudah dilaksanakan di bidang kesehatan juga dapat terus ditingkatkan, terlebih dalam hal kualitas pelayanannya. Masyarakat khususnya pasien yang datang harus diperlakukan sebagai tamu utama yang tentunya harus diberikan pelayanan terbaik yang ramah, mudah, cepat dan efektif.

Sementara itu, Kepala badan Balitbangda Kabupaten Bekasi Edi Supriadi mengatakan, stand-stand yang hadir di kegiatan ini merupakan stand terpilih, yang dipilih Balitbangda berdasarkan inovasi yang dimiliki dari masing-masing bidang. Baik bidang kesehatan maupun pendidikan.

“Gelar Inovasi ini merupakan wadah bagi para unit pelayanan publik di bidang kesehatan dan pendidikan yang ingin menyampaikan kegiatan-kegiatan inovasi yang telah dilaksanakan agar dapat disaksikan, diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.” Jelasnya.

Acara yang berlangsung dari tanggal 10 – 11 Desember 2019 ini, di ikuti oleh 28 stand yang terdiri dari 20 stand dibidang pendidikan yaitu dari sekolah tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Bekasi, 7 stand di bidang kesehatan yaitu RSUD Kabupaten Bekasi, PSC 119, dan 5 Puskesmas di Kabupaten Bekasi, dan 1 stand SKPD yaitu Dinas Perindustrian.

Dalam acara tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen pelaksanaan inovasi hasil laboratorium inovasi Kabupaten Bekasi yang diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah Se-Kabupaten Bekasi yang hadir.(adv/humas)

Komentar