Ribuan Fanyakes Se Jawa Barat Padati Gedung Sate Bandung

Terkini3383 Dilihat

BANDUNG, KBS – Ribuan para tenaga honorer kesehatan dan non tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) milik pemerintah di seluruh Jawa Barat melakukan aksi damai di Gedung Sate Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 5 Agustus 2022. Mereka melakukan long march dari Pusdai menuju Gedung Sate.

Aksi damai yang dikoordinasikan melalui Forum Komunikasi Honorer Fasyankes Jabar tersebut terlihat berjalan tertib.

Para peserta aksi di antaranya membawa selebaran maupun poster dan spanduk yang dibentangkan berisikan tuntutan pada pemerintah daerah agar segera diangkat jadi ASN.

Di antaranya mereka menyuarakan “Pengangkatan Otomatis Honorer Fasyankes Karena Kami Selalu Berhadapan Dengan Nyawa”, “Ganti status honorer jadi ASN #ASNHARGAMATI”, “Menolak Lupa Honorer Garda Terdepan Selama Pandemi #ASNHARGAMATI”, “Hargai Tenaga Honorer Kesehatan dan Non Kesehatan”, dan lainnya.

Mereka benar-benar melakukan aksi damai, duduk bersila di depan halaman gedung sate sambil dan menyanyikan beberapa lagu hymne dari honorer Fasyankes dan lagu nasional.

Beberapa di antaranya sambil mengibarkan bendera merah putih dan mengenakan baju hazmat atau APD selayaknya mereka yang bertugas di Fasyankes selama tangani pandemi Covid-19.

Saat ini, perwakilan honorer Fasyankes tengah melakukan audiensi di taman belakang Gedung Sate, yang diterima oleh Kepala Kesbangpol Jabar Rd Iip Hidajat dan Asisten Daerah Administrasi Pemerintahan Setda Jabar Ferry Sofwan Arif.

Salah keterangannya, Ketua Forum Komunikasi Honorer Fasyankes Jabar Suhendri menuturkan, aksi tersebut merupakan tindak lanjut hasil musyawarah Honorer Nakes dan Non Nakes yang bekerja di Fasyankes milik pemerintah dari seluruh Jawa Barat. (*)