Bupati Bekasi Minta Peran Aktif Gerakan Pramuka Tanggulangi Covid-19

Terkini2412 Dilihat

CIKARANG PUSAT – Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meminta pramuka untuk tetap aktif dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat saat pandemi Covid-19 yang tengah melanda saat ini. Hal tersebut disampaikannya saaa menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan HUT Pramuka Ke-59 tingkat Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan di Plaza Pemkab Bekasi, Jumat (14/8).

“Serta selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya. Dimulai dari hal kecil bagi anggota pramuka itu sendiri, seperti mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila bepergian keluar rumah, dan menjaga jarak di keramaian,” ucap pria yang biasa dipanggil Bang Eka.

Selain pendidikan kebersihan diri, para pramuka juga ikut berkreasi membuat masker, baik untuk digunakan sendiri, maupun untuk dibagikan bagi yang membutuhkan, membuat, dan membagikan hand sanitizer, serta penyiapan bantuan makanan untuk dibagikan gratis kepada yang membutuhkan, hingga aktif dalam kegiatan penyemprotan disinfektan.

Tema Hari Pramuka tahun ini yaitu “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Tema tersebut juga menjadi tema utama dari seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan pramuka pada tahun 2020 ini.

“Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19, yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi Bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya,” ucapnya.

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh kepala perangkat daerah dan Forkopimda Kabupaten Bekasi, serta para ketua kwartir daerah, kwartir cabang, kwartir ranting, dan para pembina gugus depan gerakan pramuka di Kabupaten Bekasi.

Di akhir upacara, Bupati Bekasi juga mendapatkan penghargaan Lencana Dharma Bakti, yakni penghargaan bergengsi dari kwartir nasional kepada insan pramuka yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dan fasilitas yang cukup besar, serta membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka. Penghargaan tersebut akan dianugerahkan pada perayaan Hari Ulang Tahun Pramuka Tingkat Jawa Barat di Kota Bandung.

Dalam kesempatan ini pula, diserahkan tanda penghargaan Lencana Melati dan Lencana Panca Warsa kepada insan-insan pramuka di Kabupaten Bekasi. (adv)

Komentar