oleh

KPU Kabupaten Bekasi Mulai Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih Milenial

CIKARANG PUSAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi kembali melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDB) dan pemilih milenial.

Kasubag Program dan Data pada KPU Kabupaten Bekasi, Fitri Utami Herlina Sari menyampaikan, update data pemilih, pada prinsipnya agar memudahkan proses pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu. Pemukhtahiran sendiri, sudah mulai dilakukan sejak tahun 2020.

Sedangkan pengumpulan data perubahan dilakukan melalui koordinasi antar lembaga salah satunya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskucapil) Kabupaten BEkasi dan kerjasama dari masyarakat.

Sementara, untuk memastikan pemilih baru, yakni dengan beberapa tahapan langsung. Salah satunya, yakni dengan langsung mendatangi sekolah. Juga dengan memanfaatkan djaring sosial.

“Nah jadi untuk yang milenial atau pemilih baru, hanya beberapa yang baru dimasukan. Potensi pemilih baru sendiri ada yang dari pindah datang sama yang pemilih pemula,” ujarnya pada Rabu (24/3/2021).

Lebih lanjut, Fitri menjelaskan, untuk bisa masuk masuk pemilih pemula, sejumlah tahapan harus dilakukan. Selain sudah rekam E- KTP,  juga memastikan kelengkapan NIK dan NKK.

Juga, kata dia, ada link https://bit.ly/Tanggapan_Masyarakat yang otomatis masuk ke google drive KPU Kabupaten Bekasi.

“Dan itu (Link.red) masih perlu dimaksimalkan. Sementara, untuk memaksimalkan partisipasi pemilih baru. Terakhir, kita (KPU Kabupaten Bekasi) langsung mendatangi sekolah. Rabu (17/3/2021) lalu, kami datang langsung ke salah satu sekolah di Kedungwaringin, dan ini cukup efektif,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan merupakan upaya KPU untuk menyempurnakan daftar pemilih yang terus dilakukan dari waktu ke waktu dalam rangka menghasilkan data pemilih yang akurat agar tercapai tujuan Pemilu yang berkualitas. (Adv)

Komentar

News Feed