Pemkab Bekasi Angkut 350 Ton Sampah Sungai Blencong

Terkini4856 Dilihat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali melakukan pengangkatan sampah yang berada di Sungai Blencong, Desa Setiaasih, Kecamatan Tarumajaya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai dari tanggal 2 hingga 4 Oktober 2020, dan berhasil mengangkut sebanyak 350 ton sampah.

Kegiatan ini juga didukung kurang lebih 100 personil yang terdiri dari unsur TNI, petugas Kecamatan dan Kelurahan setempat. Dengan mengerahkan sebanyak 21 armada dan selama tiga hari telah menyelesaikan sebanyak 65 kali pengangkutan sampah.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah selesai pengangkatan sampah di Sungai Blencong. Untuk saat ini masih terfokus di Sungai Blencong, yang nantinya secara berkala akan dilakukan pengangkatan sampah di wilayah lain di Kabupaten Bekasi,” ungkap Peno Suyatno, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.

Peno mengatakan, pihaknya saat ini telah menyiapkan “Pasukan Kepiting Muara”. Atau petugas air yang khusus bekerja untuk memantau Kali di daerah perbatasan.

“Untuk sementara, 10 petugas khusus yang bekerja di kali telah kita kerahkan, salah satunya ada di Kali Pisang Batu yang ada di Kecamatan Tarumajaya,” jelasnya saat diwawancarai.

Lebih lanjut, Dirinya berharap, agar masyarakat dapat berperan serta dalam upaya menciptakan budaya bersih. Selain upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah, masyarakat juga diimbau untuk sadar dan disiplin dalam menjaga lingkungan.

“Jika ingin Bekasi bersih, tentunya sangat diperlukan peran serta masyarakat. Lebih peka terhadap sampah, juga andil dalam membersihkan sampah. Kita juga berupaya untuk bersih, kalau masyarakatnya tidak ikut andil juga akan terasa sulit,” pungkasnya.(Adv)

Komentar