oleh

Untuk Mendapatkan Penghasilan Para Kader, BPEK PDI Perjuangan Kota Bekasi Lakukan Budidaya Maggot

-Terkini-187 Dilihat

KOTA BEKASI, KBS – Belatung atau bernga/berenga (bahasa Inggris: Maggot) adalah larva dari lalat. Tempayak ini biasa ditemukan pada barang-barang yang membusuk seperti bangkai, buah, atau sayur-mayur yang rusak. Beberapa jenis belatung, seperti belatung lalat buah, bersifat merugikan; namun pada umumnya belatung berguna secara ekologis dalam proses dekomposisi bahan-bahan organik. Belatung-belatung jenis tertentu memiliki kegunaan yang khas.

Budidaya maggot sendiri merupakan usaha berpenghasilan lumayan untuk masyarakat banyak dan bisa di lakukan sendiri, tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

Hal ini di lakukan Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) PDI Perjuangan kota Bekasi adakan Pelatihan Budidaya Maggot di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Sabtu (23/10) Kegiatan ini diikuti 30 Orang Peserta yang Mewakili PAC masing-masing.

Dr. Tri Adhianto Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi Mengatakan Budidaya maggot untuk pakan alternatif ternak, sekaligus meminimalkan sampah organik, terus meluas di wilayah Kota Bekasi Apalagi nilai ekonomisnya sangat menjanjikan.

“Budidaya maggot ini selain untuk mengurangi sampah organik, juga memiliki nilai ekonomis yang sangat menjanjikan”.

Rudy Heryansah selaku Wakil Ketua DPC Menambahkan peluang bisnis ini mampu menghidupkan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) baru sekaligus mengurangi bobot tonase sampah yang hendak dibuang ke TPA Sumur Batu dan Bantargebang, Kota Bekasi.

Saya berharap pelatihan ini mampu diimplementasikan oleh kader guna bisa membantu meningkatkan perekonomian, karena Maggot ini merupakan jenis hewan untuk pakan ternak yaitu ikan, burung, dan lain lain. Ungkapnya. (Adh)

Komentar