Pemkab Bekasi Akan Berikan Beasiswa Bagi Keluarga Pra Sejahtera

Terkini6141 Dilihat

KEDUNGWARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan memberikan beasiswa pendidikan bagi Keluarga Pra Sejahtera (KPS). Hal itu diutarakan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Kedungwaringin. Bertempat di Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Rabu (29/1).

“Masalah pendidikan, kita punya banyak masyarakat yang berprestasi. Tapi tidak bisa melanjutkan kuliah (pendidikan). Ini akan menjadi perhatian, kita akan berikan beasiswa. Tidak hanya biaya sekolah tetapi biaya kehidupannya juga,” jelas Eka.

Eka juga meminta setiap Perangkat Daerah untuk segera menyeleksi dan melakukan pendataan KPS yang layak mendapatkan bantuan. Dan, Dinas Sosial (Dinsos) yang akan menjadi Leading Sector untuk program tersebut.

“Ya contohnya terkait masalah beasiswa, kita akan menjadikan Dinas Sosial (Dinsos) sebagai leading sectornya, nanti Dinsos yang akan mengkoordinasikan masalah ini ke kecamatan dan kelurahan.” sambungnya.

Dirinya menilai, demi mensukseskan program tersebut harus ada kerjasama antar Dinas terkait. Eka juga mengajak, peran serta perangkat daerah untuk menuntaskan pembangunan sekolah yang masih sangat minim.

“Kita masih banyak melihat sekolah ambruk, tidak mempunyai fasilitas yang memadai. Mari kita tuntaskan urusan pembangunan sekolah-sekolah. Sekolah lama harus direnovasi, tidak boleh ada usulan baru sebelum merenovasi bangunan sekolah prioritas,” ungkapnya.

Tema Musrenbang kali ini, yaitu Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Publik dan Infrastruktur Terintegrasi yang berwawasan lingkungan. Hal itu, sejalan dengan Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk mewujudkan Kabupaten Bekasi kearah yang lebih baik.

Sementara itu, Camat Kedungwaringin, Ida Nuryadi menyampaikan beberapa masalah di wilayahnya. Diantaranya, pembangunan SMP Negeri 2 Kedungwaringin, dan Pelebaran jalan dibeberapa titik, serta normalisasi saluran air.

“Pembangunan baik fisik dan non fisik, mudah mudahan pembangunan tersebut dapat dirasakan masyarakat Kecamatan Kedungwaringin. Sehingga, tujuan pembangunan mensejahterakan masyarakat dapat terlaksana dengan baik,” imbuhnya.(adv/humas)

Komentar