Pemkab Bekasi Berikan Pembinaan Amil Jenazah

Advertorial2448 Dilihat

KABARBERITASATU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi gelar Pembinaan Amil Jenazah Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2020. Acara yang digelar, Senin (9/11/2020) di Hotel Grand Cikarang, Jababeka Cikarang Utara ini guna memberikan pemahaman dan bimbingan kepada Amil jenazah.

Kegiatan tersebut di hadiri sekitar 50 orang amil jenazah dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi.

Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda I) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada amil jenazah dan juga bimbingan kepada masyarakat, serta Kasi Kecamatan bahwa mereka harus memiliki langkah/ persepsi yang sama didalam penanganan jenazah baik yg terkena covid-19 maupun jenazah biasa.

“Harus bisa bedakan, karena sudah ada fatwa dari MUI Nomor 18 Tahun 2020 tentang pedoman pengurusan jenazah muslim yang terinfeksi Covid-19. Mulai tahap pemandian jenazah, pengkafanan, penyolatan, hingga penguburan,” jelasnya.

Ditambahkan Yana, jenazah muslim pengurusannya harus sesuai syariat islam. Namun tetap memenuhi protokol kesehatan agar tidak berpotensi terjadinya penularan terhadap diri sendiri maupun orang lain.

“Karena sangat riskan ketika mereka tidak mengenal atau tidak tahu cara penanganan ketika jenazah terkena covid-19, sehingga bisa jadi amil jenazah menjadi korban dari penularan covid-19 itu sendiri,” ujarnya.

Yana juga berharap, kegiatan tersebut mampu meningkatkan  pengetahuan khususnya dalam masalah pengurusan jenazah. Sehingga diharapkan Kabupaten Bekasi kedepannya menjadi 2x tambah baik.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteran Rakyat Kabupaten Bekasi, Benny Iskandar mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) amil jenazah yang handal dan mampu berkontribusi terhadap pembangunan bidang keagamaan di Kabupaten Bekasi, yang berorientasi pada pembangunan manusia unggul dan agamis.

“Kepada segenap jajaran Dinas/Instansi terkait yang telah berpatisipasi, saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya. Semoga kerjasama yang terjalin terus terpelihara dan berkesinambungan,” pungkasnya.(adv)

Komentar