Pemkab Bekasi Gelar Musrenbang RKPD 2021 Secara Virtual

Terkini3581 Dilihat

CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bekasi Tahun 2021 secara virtual melalui video conference call, Selasa (21/04) bertempat di Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Daerah Uju membuka secara resmi kegiatan  diikuti oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Forkopimda Kabupaten Bekasi, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa/Lurah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan dan Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Unsur Pengelola Kawasan dari tempat kerja masing masing.

Sebelum membuka acara, Sekretaris Daerah Uju, sejenak mengajak seluruh peserta Musrenbang untuk menundukkan kepala seraya berdoa, sebagai wujud keprihatinan atas terjadinya peristiwa besar yang menimpa Kabupaten Bekasi dan wilayah lainnya.

“Sejak awal tahun 2020, kita sudah dihadapkan dengan musibah banjir, dan sekarang yang sedang kita hadapi adalah musibah wabah Covid-19 yang sampai hari ini masih dalam keadaan cukup mengkhawatirkan,” jelasnya.

Dengan mengusung tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Pelayanan Publik dan Infrastruktur Terintegrasi yang Berwawasan Lingkungan” Sekretaris Daerah menjelaskan tema tersebut diartikan dalam delapan prioritas pembangunan, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Tata Kelola Pemerintah dan Pelayanan Publik, Infrastruktur, Persampahan dan Lingkungan Hidup, Ekonomi Kreatif dan Seni Budaya, serta Pertanian.

“Pemerintah Kabupaten Bekasi juga akan terus melakukan berbagai upaya agar pelayanan kepada masyarakat dan dunia usaha juga semakin baik dan mudah, salah satunya yaitu dengan membangun Mal Pelayanan Publik yang sedang berlangsung,” jelasnya.

Sekretaris Daerah juga mengatakan, tidak semua permasalahan dapat diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi. Oleh karena itu, Pemkab Bekasi berharap adanya keikutsertaan berbagai pihak dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bekasi Tahun 2021.

“Saya mengajak untuk seluruh undangan agar mendukung prioritas Kabupaten Bekasi di tahun 2021. Dalam hal ini saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pimpinan perusahaan yang telah aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan melalui CSR,” ucapnya.

Dalam Musrenbang RKPD ini, Uju mengajak seluruh Perangkat Daerah untuk konsisten dalam melaksanakan apa yang telah disepakati bersama hingga ke tahap selanjutnya.

“Ini merupakan tahap finalisasi rancangan RKPD Kabupaten Bekasi sebelum dikirimkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk difasilitasi, jadi saya perintahkan seluruh Kepala Daerah agar konsisten,” tegasnya

Diakhir, Uju menyadari bahwa dalam perencanaan pembangunan Daerah tahun lalu masih banyak aspirasi masyarakat yang belum terakomodir. Dirinya juga sekaligus mengajak Forkopimda, anggota DPRD dan stakeholder terkait untuk terus mendukung jalannya pembangunan di Kabupaten Bekasi. Terutama pemulihan pasca Covid-19 ini.

“Kami selalu terus berusaha semaksimal mungkin agar pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bekasi dapat lebih optimal setiap tahunnya.” Tutupnya

Acara Musrenbang RKPD ini dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama dengan seluruh stakeholder terkait.(adv/HMS)

Komentar