Pemkab Bekasi Siap Kembangkan 113 Inovasi Baru

Terkini3066 Dilihat

CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi melakukan penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Rencana Inovasi Daerah (Tahapan Delivery Laboratorium Inovasi Kabupaten Bekasi). Bertempat di Ruang Rapat Bupati, Komplek Perkantoran Deltamas-Cikarang Pusat, Rabu (19/2).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud pelaksanaan rangkaian kegiatan Laboratorium Inovasi, yang bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, guna menerapkan program reformasi birokrasi khususnya dalam penyelenggaran tata kelola pemerintahan yang baik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju menyampaikan, menurut laporan yang diterima oleh Balitbangda Kabupaten Bekasi, sampai saat ini sudah terdapat 113 rencana aksi inovasi baru, dari 55 Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Hal ini merupakan hal yang baik, karena 85% Pemerintah Daerah sudah merespon positif untuk meningkatkan daya saing melalui inovasi Daerah. Saya harap 15% sisanya dari Pemerintah Daerah yang belum sama sekali berkontribusi, tahun depan dapat meningkatkan kepeduliannya.” Jelasnya.

Uju menambahkan, penandatanganan komitmen para kepala Perangkat Daerah untuk berinovasi, rangkaian tahapan laboratorium inovasi yang terdiri dari “5 (lima) D” yaitu Drum up, Diagnosa, Design, Delivery dan Display. Sudah memasuki tahapan ke empat yaitu (Delivery) dimana tahapan ini mempunyai tujuan yaitu melaksanakan komitmen bersama para Perangkat Daerah guna menjalankan ide-ide dan rencana aksi inovasi yang telah dirancang pada tahapan sebelumnya.

“Saya berharap, ditahun depan inovasi-inovasi yang telah dirancang oleh Perangkat Daerah benar-benar dilaksanakan, agar dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, dan tentunya dengan berinovasi kita dapat meningkatkan daya saing daerah Kabupaten Bekasi,” ucap Uju.

Uju juga mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, yang telah bersedia memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi, untuk dijadikan salah satu daerah yang mendapatkan pendampingan, bimbingan, dan arahan dalam hal pengembangan inovasi melalui laboratorium inovasi di Kabupaten Bekasi.

“Kepada Perangkat Daerah agar dapat melaksanakan apa yang sudah menjadi komitmen pelaksanaan inovasi ditahun mendatang untuk direalisasikan, sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kesejahteraan Kabupaten Bekasi melalui peningkatan daya saing daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat inovasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Isti Heriani mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi yang telah berhasil melahirkan berbagai inovasi, serta bekerja keras dalam menyelenggarakan dan mengikuti rangkaian kegiatan laboratorium inovasi Kabupaten Bekasi.

“Saya berharap, agar bapak Bupati dapat terus memberikan dukungan dan memantau penerapan inovasi di Kabupaten Bekasi, dan sebagai bentuk dukungan lembaga administrasi negara juga akan turut serta dalam memonitor penerapan inovasi-inovasi yang akan dilaunching hari ini,” ucap Isti

Isti juga berharap kepada para Perangkat Daerah Kabupaten Bekasi agar selalu mengoptimalkan potensi pemikiran yang baik guna menghasilkan gagasan inovasi yang terbaik demi kemajuan Kabupaten Bekasi.(adv/humas)

Komentar