Layani Warga Prasejahtera, Pemkab Bekasi Segera Launching Puskesos

Pemerintahan803 Dilihat

CIKARANG PUSAT– Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sosial akan melaunchingkan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) sebagai tempat bagi masyarakat prasejahtera mendapatkan pelayanan sosial yang dibutuhkannya.

Tak hanya tingkat Kabupaten, Puskesos juga akan didirikan di dua desa yaitu Desa Telajung Kecamatan Cikarang Barat dan Desa Pasir Tanjung di Kecamatan Cikarang Pusat sebagai pilot projek pendirian Puskesos se-Kabupaten Bekasi.

“Bulan Maret dijadwalkan akan kami launching agar semua masyarakat tahu mengenai keberadaan Puskesos di Kabupaten Bekasi,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabuapten Bekasi, Drs. H. Endin Samsudin, M.Si pada Jumat (25/02).

Di Puskesos, jelas Kadinsos, keluhan dari Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) seperti keluarga prasejahtera, anak terlantar dan lainnya bisa dilayani dengan baik.

Disitu juga bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat prasejahtera yang memerlukan bantuan terkait pembuatan e-KTP, KK, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan lainnya.

“Kalau ada fasilitas itu, ibaratnya warga prasejahtera dari temen PSKS tidak harus datang ke dinas lain, cukup akses pelayanan Puskesos dan itu sudah mewakili pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan bagi masarakat prasejahtera,” jelasnya.

Kadinsos juga yakin, Puskesos akan membantu pemerintah daerah dalam mendorong program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bekasi.

Bahkan, jelas Kadinsos, pemerintah daerah Kabupaten Bekasi juga telah memberikan dukungannya terhadap keberadaan Puskesos.

Selain itu juga, ungkap Kadinsos, dukungan sepenuhnya juga didapat dari anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi.

“Bahkan dukungan dari anggota DPRD Komisi IV itu 100 persen mengenai keberadaan Puskesos di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Kadinsos juga mengatakan, para tenaga yang akan ditempatkan di Puskesos adalah mereka yang terbiasa bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial. Misalnya seperti relawan, Karang Taruna, TKS dan PSM.

“Dan mereka sudah terbiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya. (adv)

Komentar