Obon Tabroni Dorong Produk Umkm di Kabupaten Bekasi

Uncategorized338 Dilihat

CIKARANG BARAT – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Obon Tabroni memfasilitasi bantuan bagi Paguyuban Pengrajin Emping Jengkol (PPEJ) di Desa Kalijaya, Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Jumat (14/10). Kemarin

Bantuan itu berupa pemberian kompor gas. Selain itu Obon juga memberikan bantuan bagi kelompok Hadrah dan Marawis yang merupakan bantuan kearifan lokal dari kementrian sosial.

Obon mengatakan potensi UMKM dari sektor makanan ringan sangat tinggi, karena kabupaten Bekasi merupakan kota urban yang mobilitasnya tinggi tetapi belum punya makanan khas yang bisa dijadikan Oleh-oleh.

“Bekasi itu kota urban, mobilitas Bekasi sangat luar biasa. Tapi oleh-oleh khas Bekasi itu apa sih?, salah satu yang orisinil, jengkol terutama emping jengkol. Makanya kita support itu sebagai makanan khas Bekasi,” kata aktivis serikat pekerja senior ini.

Ia juga akan mendampingi para anggota untuk mendapati ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan juga mengupayakan emping jengkol masuk Pusat Oleh-Oleh Bekasi 22 (Poksi 22) yang telah dibentuk di Jababeka, Cikarang.

“Kita berikan kompor gas, nanti PIRT akan kita urus, standarisasi produk dalam proses pembuatannya akan kita benahi. Progres mereka (pengrajin) sangat luar biasa, cuma kan kendala hanya di pemasaran, itu aja,” tuturnya.

Para pengrajin juga didorong untuk dapat menerapkan digital marketing agar menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kalau kemasan sudah bagus, sertifikasi sudah oke, segala macamnya sudah oke. Digital marketing tidak ada batasan,” paparnya.

Dalam pertemuannya dengan para pengrajin emping, Obon mendapati mereka kesulitan dalam memasarkan produknya.

“Proses pembuatan kita standarkan dari sisi kebersihan dan lain-lain, kedua kemasan, kemudian perijinannya, sertifikakasi halalnya, sehingga mereka bisa masuk ke ritel-ritel besar,termasuk batik bekasi.” ujarnya di kediamannya sabtu (21/10). ***

Komentar