Terminal Barang Multimoda Akan Hadir di Kabupaten Bekasi

CIKARANG PUSAT – Terminal Barang Multimoda akan segera hadir di Kabupaten Bekasi, hal ini menyusul adanya tindak lanjut pembahasan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Rabu (15/1), yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Cikarang Pusat.

Menurut pendataan dari BPTJ, audiensi terkait percepatan rekomendasi tata ruang Provinsi dan Penetapan Lokasi Terminal Barang Multimoda di Kabupaten Bekasi ini dinilai diperlukan.

Sebab sebagai kawasan industri terbesar se Asia Tenggara. Akses jalan di Kabupaten Bekasi merupakan daerah dengan pola harian tertinggi yang paling sering dilintasi oleh kendaraan barang untuk wilayah Jabodetabek.

Selain itu, perjalanan orang dan barang di Jabodetabek pun di dominasi oleh perjalanan menuju pusat kota Jakarta. Sehingga hal tersebut berpotensi terjadi kepadatan atau melonjaknya volume kendaraan. Yang terjadi pada saat pagi dan sore di hari hari kerja.

“Terkait dengan percepatan pembangunan yang ada di Kabupaten Bekasi, kedepannya kita bersama dengan Pemerintah Pusat sedang merancang transportasi multimoda, salah satunya ada di Kabupaten Bekasi,” kata Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

Kata Eka, kedepannya mobil-mobil pengangkut barang seperti truk tidak lagi masuk ke jalur kota, melainkan ada terminal khusus untuk mobil pengangkut barang tersebut.

“Ada beberapa lokasi yang direncanakan, diantaranya di daerah perbatasan dengan Karawang yaitu di Kecamatan Kedung Waringin. Kami harap rencana ini dapat mengurangi masalah kemacetan,” ucap Eka.

Sekadar diinformasikan, strategi yang akan dilakukan oleh pemerintah. Diantaranya, pengaturan rute jaringan lintas angkutan barang, pelarangan arus menerus ke wilayah Kota.

Kemudian, pembatasan waktu bagi truk pada jam-jam sibuk, pengembangan fasilitas pusat distribusi, terminal truk, atau pusat konsolidasi logistik/gudang konsolidasi, pengembangan fasilitas integrasi multimoda, pembangunan ruang parkir khusus untuk truk pada kawasan pinggiran, dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dengan rencana dan adanya pembahasan yang dilakukan Pemkab Bekasi dengan BPTJ, Eka berharap pembangunan di Kabupaten Bekasi baik dari Pemerintah Pusat maupun dari Kabupaten Bekasi sendiri akan berdampak baik untuk kegiatan ekonomi warga Kabupaten Bekasi.(adv/humas)

Komentar