oleh

BPBD Imbau Warga Waspada Pohon Tumbang

KBS, KAB.BEKASI – Hujan lebat disertai angin kencang melanda dua wilayah Kabupaten Bekasi pada Jumat dini hari (26/02/21), menyebabkan pohon tumbang dan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Di Desa Babelan Kota Kecamatan Babelan, hujan deras dan angin kencang terjadi Jumat dini hari sekitar pukul 00.20 WIB, menyebabkan 4 pohon tumbang dan tiga rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap.

“Dua pohon menimpa rumah, satu menimpa kabel listrik dan satu lagi tumbang menghalangi jalan,” kata anggota Destana Babelan Kota, Janwar, Jumat (26/02/21).

Upaya penanganan telah dilakukan oleh 6 personil Destana Desa Babelan Kota dengan memotong pohon tumbang menggunakan gergaji mesin.

Selain di Babelan, terjangan angin puting beliung terjadi di Kp Cibuntu Desa Cibuntu Kecamatan Cibitung yang menyebabkan 10 rumah warga rusak di bagian atap.

“Angin kencang terjadi pada sekitar pukul 01.00 WIB. Selain membuat atap rumah warga rusak, ada juga bagian bangunan rumah warga yang roboh,” ujar Ketua RW 10, Subur, Jumat (26/02/21).

Dalam peristiwa tersebur tidak ada korban jiwa. Sedangkan kerugian material masih ditaksir.

“Untuk bantuan sembako berupa beras dan mie instan sudah disalurkan kepada warga dari pemerintah desa setempat,” kata dia.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengimbau masyarakat agar berhati hati saat musim penghujan. Pasalnya, tidak jarang di Kabupaten Bekasi sering terjadi kasus pohon tumbang akibat terpaan angin kencang.

“Kita mengajak masyarakat agar hati hati, kalau ada dahan pohon di sekitar rumah dan kondisinya menghkhawatirkan sebaiknya di tebang. Takutnya saat hujan disertai angin kencang pohon itu tumbang menimpa rumah,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta warga agar menjaga jarak aman dari pohon-pohon yang dinilai rawan tumbang. “Jadi tidak berdiri atau parkir dekat pohon, karena kita tidak tahu adanya pohon yang sudah lapuk atau bagian dahan pohon yang sudah lapuk,” tuturnya. (adv/hms)

Komentar