PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi Tanam Bibit Pohon dan Tabur Benih Ikan di Kali Cikarang

Hukum & Politik866 Dilihat

BEKASI – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan penanaman bibit pohon dan pelepasan benih ikan mujaer, di Warung Bongkok, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, yang juga lokasi kawasan Hutan Bambu dan Kali Cikarang, pada Minggu (31/1/2021).

Mengambil tema Cinta Kali Cikarang Bersih, PDI Perjuangan dalam hari jadinya yang ke-48 kali ini menggandeng Komunitas Save Kali Cikarang, untuk melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon jenis buah, serta pelepasan benih ikan jenis mujair, dengan harapan mampu melestarikan kelangsungan ekosistem yang ada di kali Cikarang.

“Secara garis besar, temanya yang di Kabupaten Bekasi Cinta Kali Cikarang Bersih, dengan penanaman bibit pohon dan penebaran benih ikan,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, dihadapan awak media.

“Tentunya ini bukan hanya di hari perayaan HUT partai tetapi sebagai langkah terus kami dalam kepedulian terhadap lingkungan khususnya di Kali Cikarang ini,” tambah dia.

Menurutnya, kegiatan tersebut dalam rangka rangkaian memperingati HUT PDI Perjuangan Ke-48 serta Hari Ulang Tahun Ketua Umum Megawati Sukarno Putri, mendapatkan Tiga Rekor Muri, yaitu Peserta HUTA Partai secara Daring, Penanaman Pohon dan Nasi Tumpeng.

“Selain penanaman juga, nantinya kami akan terus melakukan pendampingan dalam pemeliharaannya, hingga pohon tersebut bisa dipastikan tumbuh dan menghasilkan bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap pohon tersebut,” imbuhnya.

Disinggung keberadaan kali Cikarang yang telah terhimpit oleh kawasan industri, Ono menegaskan, semua perusahaan yang ada dalam kawasan industri yang berdekatan dengan kali Cikarang, selain melakukan produksi dan industrialisasi mereka punya tanggung jawab sosial serta tanggung jawab lingkungan.

“Harus perhatikan juga terhadap lingkungan,” ucap Ono yang juga Anggota DPR RI, Komisi IV.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Soleman mengatakan, dalam rangka HUT PDI Perjuangan dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, dirinya ingin menjadikan Kabupaten Bekasi, semakin hijau dan asir, dengan mengadakan penghijauan.

Terlebih lagi, hal ini juga untuk menunjukkan eksistensi partai yang hingga 48 tahun, masih bertahan sebagai salah satu partai politik yang solid. ” Hari ini partai kita, PDI Perjuangan berusia ke 48, dan di usia ini pasti bisa menunjukkan eksistensi organisasi politik di tanah air,” kata Soleman.

Dikatakan Soleman, bibit pohon langsung diberikan kepada 8 pengurus PAC, ranting dan pengurus anak ranting, agar ditanam disetiap desa atau kampung. Selain itu, bibit pohon ada yang ditanam di bantaran sungai atau kali.

“Tugas kita juga melakukan penghijauan di pinggir sungai sebagai penghijauan,” kata pria yang menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi ini.

Menurutnya, gerakan menanam ribuan pohon dan menaburkan puluhan ribu bibit ikan, memang harus terus dilakukan. Sebab manfaatnya dalam beberapa tahun kedepan, yang bisa di nikmati anak cucu.

“Telebih melihat perkembangan global saat ini, yang membuat penghijauan ruang publik sedikit terabaikan,” ucap pria berkacamata ini. (red)

Komentar