Kabupaten Bekasi Raih Juara Umum di Porprov XIV

Uncategorized1960 Dilihat

CIAMIS – Kontingen Kabupaten Bekasi resmi menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV/2022 Jawa Barat. Kemenangan ini menjadi bukti dari komitmen pembinaan atlet dan bekerja bersama membangun sebuah tim.Lebih dari itu, kemenangan ini pun membawa dua catatan bersejarah bagi Kabupaten Bekasi.

Pertama, torehan medali yang didapat menjadi yang tertinggi di sepanjang perjalanan kontingen Swatantra Wibawa Mukti mengikuti Porprov (sebelumnya Porda).Kedua, Kabupaten Bekasi meraih juara umum bukan di daerah sendiri.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyatakan, kemenangan ini merupakan kemenangan sang juara sejati.“Peraihan gelar juara umum pada porprov kali ini mencetak dua sejarah, pertama kita menjadi juara umum di luar daerah Kabupaten Bekasi, artinya kita bukan jago kendang tapi juara sejati. Ini kemenangan warga Kabupaten Bekasi,” kata Dani dalam konferensi pers usai upacara penutupan Porprov 2022 di Ciamis, Sabtu (19/11/2022).

Kabupaten Bekasi berhasil memanen 451 medali dengan rincian 189 emas, 139 perak dan 123 perunggu. Unggul jauh dari pesaing terdekat sekaligus juara sebelumnya, Kabupaten Bogor yang hanya mampu meraih 392 medali (139 emas, 130 perak dan 123).

Hasil ini pun mengalahkan perolehan medali Kabupaten Bekasi saat menjadi juara umum pada 2014. Ketika itu, kontingen Kabupaten Bekasi meraih 387 medali yakni 154 emas, 118 perak dan 115 perunggu.

Dani mengatakan, kemenangan sebagai juara umum ini merupakan hasil dari perjuangan panjang KONI Kabupaten Bekasi didukung Dispora Kabupaten Bekasi dalam membina para atlet. Bahkan, program pemenangan juara umum ini telah digulirkan sejak beberapa tahun lalu.Melalui sport intelligence, Kabupaten Bekasi fokus memantau perkembangan atlet serta memetakan kekuatan setiap cabang olahraga. Komitmen untuk mengikat para atlet pun dilakukan sejak lama hingga melahirkan loyalitas dan militansi di arena pertandingan.

“Pertama dan paling utama kami sudah melakukan strategi sport intelligence, kami amati kekuatan atlet per cabor dari atlet kita dan kabupaten lain. Dan di situ kita membangun kekuatan dan membangun komitmen. Di situ kami bekerja keras untuk mengikat semua atlet,” ucap dia.

Salah satu kekuatan lainnya dari Kabupaten Bekasi yakni dukungan dari seluruh pihak. Seluruh organisasi perangkat daerah diterjunkan untuk mendampingi sekaligus mendukung para atlet dalam bertanding.Kemudian, terkait bonus bagi para atlet, Dani memastikan komitmennya yakni Rp 100 juta untuk medali emas.

Bahkan, dia tengah mengupayakan agar pemerintah turut menanggung pajak sehingga bonus yang diterima atlet utuh.“Sesuai dengan komitmen kami insya allah tidak akan berkurang dari bonus yang diberikan. Sesuai peraturan perundangan, bonus itu dipotong pajak tapi karena komitmen kami, kami upayakan agar pajaknya juga ditanggung pemerintah, jadi diterima utuh,” ucap dia.

Hal serupa disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah. Dia memastikan, bonus untuk para atlet akan dianggarkan pada 2023. “Alhamdulillah sudah menjadi juara umum, ini kerja keras semua pihak. Singkat cerita apa di satu sisi kita bahagia, di sisi lain kami harus berjibaku juga menambahkan anggaran. Sebagai komitmen bonusnya tidak akan tertunda. Tanpa ada potongan,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hasan mengatakan, prestasi juara umum ini tidak diraih dengan mudah. Perlu setidaknya empat tahun untuk membangun program pelatihan Porprov 2022. Dengan komitmen terhadap atlet dan pembinaan secara berkesinambungan, hasil terbaik pun berhasil diraih.

“Jadi sejak 2019 kami sudah merencanakan untuk program kerja 4 tahunan karena titik performance KONI itu bagaimana menggapai prestasi tertinggi di Porprov. Persiapan yang panjang itu, dan tidak terlepas dari kegigihan para atlet, kita bisa meraih kembali kemenangan itu,” ucap dia.

Secara khusus, Reza menyampaikan terima kasih kepada seluruh atlet dan pelatih yang telah berjuang di lapangan. “Buat atlet, pelatih dan cabor olahraga saya tidak bisa berkata apa-apa kecuali mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas prestasi yang diberikan untuk Kabupaten Bekasi dan kalian sangat luar biasa,” ucap dia.(Adh)

Komentar